Beberapa Tanda Hamil Yang Mungkin Anda Tidak Mengetahuinya

Biasanya tanda-tanda ini sudah muncul bahkan jika usia kehamilan Anda baru dua minggu. Itu karena segera setelah sel telur Anda dibuahi, tubuh akan mulai mengalami berbagai perubahan untuk menyesuaikan diri. Mual dan muntah serta telat datang bulan adalah gejala hamil yang paling umum gejala hamil yang paling umum terjadi. Meski begitu, ada berbagai tanda hamil lainnya yang mungkin tidak pernah Anda sadari sebelumnya.



  • Kram Perut
Beberapa wanita mengalami kram ringan pada rahim saat awal kehamilan. Meski kadang hal ini kerap kali membingungkan para wanita, karena hampir mirip dengan gejala PMS.

  • Pusing
Kehamilan menyebabkan pembuluh darah Anda melebar dan tekanan darah Anda menurun. Akibatnya, Anda mungkin akan sering merasa pusing dan sakit kepala.

  • Badan Terasa Panas Dibagian Dalam
Kenali suhu tubuh Anda sendiri! Ketika Anda baru saja bangun di pagi hari dan mendapatkan bahwa suhu tubuh Anda naik dalam waktu sekejap, mungkin inilah petunjuk awal dari kehamilan. Suhu tubuh akan sedikit meningkat setelah ovulasi dan menetap pada suhu yang sama sampai menstruasi berikutnya. Walaupun, tanda dan gejala ini tidak selalu berarti Anda hamil, namun mungkin saja kan hal ini dapat terjadi. Mengingat Anda juga sering melakukan hubungan intim dengan suami, jadi kehamilan ini pastinya sangatlah diharapkan.

Namun terkadang gejala seperti ini juga mirip dengan gejala saat Anda memasuki masa menstruasi. Jadi kenali lagi apa yang telah terjadi pada tubuh Anda. Jika gejala - gejala aneh mulai melanda, segera priksakan diri Anda ke bidan atau dokter terpercaya.

Biasanya dokter atau bidan akan mengatakan hal seperti ini "Jika Anda telah mengukur suhu tubuh basal Anda untuk menentukan kapan Anda berovulasi, dan setelah dua minggu kemudian suhu tubuh Anda masih terus naik, ini dapat menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil."
  • Sembelit
Perubahan hormon dapat memperlambat kerja sistem pencernaan Anda. Hal ini kemudian menyebabkan Anda susah buang air besar dan jadwal BAB jadi kacau.
  • Perubahan Mood
Meluapnya jumlah hormon dalam tubuh di awal masa kehamilan dapat membuat Anda menjadi luar biasa emosional dan cengeng. Perubahan suasana hati juga merupakan hal yang biasa dalam awal masa kehamilan.
  • Perdarahan Vagina
Terkadang bercak atau perdarahan dari vagina merupakan salah satu tanda awal kehamilan, yang dikenal sebagai perdarahan implantasi. Implantasi terjadi saat telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim yaitu sekitar 10 sampai 14 hari setelah pembuahan. Umumnya, kondisi ini berlangsung dalam durasi yang singkat dan terjadi di waktu yang sama saat menstruasi Anda seharusnya terjadi. Namun, perdarahan implantasi biasanya jauh lebih ringan dari perdarahan menstruasi.

Info seputar masalah kesehatan wanita, antara lain tentang cara mengatasi keputihan bisa di lihat secara lengkap disini.

Komentar